Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Tentang Lebih Najis Dari Liur Anjing

Maka hanya bagian mulut dan air liurnya saja termasuk kotorannya yang dianggap najis. Bukankah cukup dengan dibuang saja airnya.

Pin Di Baca Buku Anak Online

Dalam hadits yang lain Nabi bersabda Barangsiapa memelihara anjing terkecuali anjing pemburu dan penggembala maka berkuranglah pahala amalan-amalannya setiap hari sebesar 2 qirath HR.

Hadits tentang lebih najis dari liur anjing. عن أبي هريرة إذا ولغ الهر غسل مرة. Adapun dalil dari sunnah yang telah diterima semua ulama tentang najisnya air liur anjing adalah sebagai berikut. Akan tetapi ia akan bersih dan tidak.

رواه أبو داود و الدارقطني. Pertama para ulama Mazhab Syafii dan Hanbali berpendapat bahwa anjing najis secara kesuluruhan baik segala yang kering dari anggota tubuhnya atau pun yang basah. Artinya Disunahkan menumpahkan air liur anjing dengan segera artinya menumpahkan sisa sesuatu yang dijilati anjing karena berdasarkan hadits riwayat Muslim yang menyatakan.

Najisnya air liur anjing berdasarkan ketegasan sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Jangan justru menyakiti anjing dan ga peduli jika ada anjing. Hadits ini menunjukkan bahwa liur anjing adalah najis bahkan najis berat mughallazhah.

Mulut adalah bagian dari tubuh anjing. Klo manusia mau meminta ampun atas apa pun kesalahannya pasti Allah mengampuni. Karena belum tentu setiap sesuatu yang diperintahkan untuk membersihkan lantas hukumnya menjadi najis.

Jika yang diminum adalah airnya lalu kenapa yang diperintah untuk dicuci juga bejananya. Klo masih merasa bersalah juga krn ud melanggar hadis ya minta ampun sama Allah. Dalilnya adalah dua hadis berikut ini.

1570 M dalam karyanya yang banyak dibaca di pesantren NU Mughni al-Muhtaj menjelaskan logic-nya sebagai berikut. Sucinya bejana salah seorang dari kamu apabila dijilat anjing Adapun selain air liurnya seperti badannya atau bulunya tidak najis karena hadits di atas tidak menunjukkan najisnya anjing secara mutlak kecuali air liurnya sedang menurut kaedah yang disepakati bahwa asal segala. REPUBLIKACOID Lebih dari 1400 tahun yang lalu Nabi Muhammad SAW telah menyarankan untuk tidak bersentuhan dengan anjing dan air liurnya.

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabdaBila seekor anjing minum dari wadah milik kalian maka cucilah 7 kali. Sebab dalam hadits tentang najisnya anjing yang ditetapkan sebagai najis hanya bila anjing itu minum di suatu wadah air. Tetapi sebuah bejana yang terkena liur anjing kemasukan kaki atau lidahnya harus dibasuh sebanyak tujuh kali sebagai bentuk kepatuhan kepada syariat taabud.

Rabies penyakit yang terdapat di air liur anjing dan ditularkan ke manusia. Status sucinya berlaku untuk anjing jenis mana pun yaitu anjing penjaga pemburu dan anjing dengan fungsi lain. Liur anjing menjadi jenis najis yang paling berat karena membuat sholat menjadi tidak sah kecuali dibersihkan dengan cara yang benar dan sudah diajarkan dalam islam.

Maka hanya bagian mulut dan air liurnya saja termasuk kotorannya yang dianggap najis. Bagaimana logic-nya sehingga hadis itu bisa menopang pendapat tentang anjing najis. Karena pada setiap harinya anjing sering menjilati tubuhnya.

Kedua ulama Mazhab Hanafi berpandangan status anjing itu pada dasarnya suci kecuali bagian yang basah dari anjing seperti kencing keringat liur dan segala yang basah hukumnya adalah najis. Demikian pula oleh kelompok saintis Pakistan baru-baru ini yang menemukan bahwa virus-virus rabies pada anjing tidak akan bersih dicuci dengan air. Klo memang kena liurnya ya tinggal di cuci dengan cara yang diyakini masing masing individu bahwa kuman bakteri virus dari liur anjing itu akan hilang.

Kajian tersebut telah diuji coba di Spanyol beberapa tahun silam. Anjing kadang membawa penyakit ini meskipun ia kelihatan sehat. Jika tidak demikian tentu Nabi Shallallahu alaihi wa sallam cukup memerintahkan untuk membuang sisa air yang diminum anjing.

Terdapat sebuah hadis yang menerangkan perintah mencuci bejana dari jilatan binatang selain anjing. Inilah yang memindahkan kuman. HR Bukhari 172 Muslim 279 90.

Dalam pandangan mazhab yang pertama hadis ini menjadi argumen pokok bahwa anjing adalah kotornajis. Seorang ulama dari mazhab Syafii al-Khathib al-Syirbini w. Andaikan anjing najis tentu Rasul tidak akan membolehkannya atau menyuruh membersihkannya terlebih dahulu.

Begtu juga soal liur anjing. Air liur anjing merupakan najis yang besar karena setelah di teliti ternyata ada banyak sekali bakteri yang jika hanya dicuci dengan air saja tidak akan hilang. Teks asli hadis redaksi tentang kenajisan anjing adalah sabda Rasulullah SAW yang artinya Apabila anjing menjilat salah satu tempat makan atau minuman maka cucilah tujuh kali cucian HRMuslim.

Padahal bejananya tidak dijilat hanya airnya saja yang kena. Imam Malik beranggapan bahwa tempat makan ataupun minum wadah harus dicuci tidak hanya pada keadaan najis saja. Ketiga kalau anjing dikatakan najis dengan alasan adanya hadis yang menyuruh untuk membersihkan jilatan anjing sebanyak tujuh kali dan salah satunya dengan tanah maka argumentasi itu juga tidak benar.

Apabila anjing menjilati wadah atau bejana salah satu di antara kalian maka tumpahkanlan dan cucilah tujuh kali salah satunya dengan debu. Maka hanya bagian mulut dan air liurnya saja termasuk kotorannya yang dianggap najis. Sebab dalam hadits tentang najisnya anjing yang ditetapkan sebagai najis hanya bila anjing itu minum di suatu wadah air.

Mazhab Maliki menganggap anjing adalah hewan yang suci. Sebab menurut Hanafiyah dalam hadits tentang najisnya anjing yang ditetapkan sebagai najis hanya bila anjing itu minum di suatu wadah air. Perintah dalam hadits untuk membasuh bejana ketika anjing menjilatnya menunjukkan bahwa najis yang timbul dari anjing adalah benar-benar najis berat.

Pin Oleh Dina Nasution Di Kutipan Tumblr Kata Kata Indah Kutipan Pelajaran Hidup Kata Kata Motivasi

Ketika Berwudhu Alif Membasuh Kaki Kiri Buku Anak Membaca Buku Buku

Pin Di Baca Buku Anak Online

Download Kartu Kuartet Printable Kisah 25 Nabi Dan Rasul Nabi Yaqub Mimpi Melihat Malaikat 38 Mimpi Malaikat Perjalanan Malam

Doa Sebelum Makan Doa Gambar Kata Kata Mutiara

Pin Oleh Reni Widyasari Di Kutipan Tumblr Kata Kata Indah Kutipan Pelajaran Hidup Kata Kata Motivasi

Najis Hukmiyah Dan Ainiyah Cara Menyucikan Takrif Konsultasi Syariah Islam