Recipe: Yummy Semur jengkol pedas ngabisin nasi

Semur jengkol pedas ngabisin nasi. Merdeka.com - Suka makan semur jengkol? Kuliner yang populer di pulau Jawa ini memang disukai orang Indonesia. Pasalnya jengkol memang memiliki aroma menyengat dan tekstur liar.

Semur jengkol pedas ngabisin nasi Setoran lagi buat posbar #CookpadCommunity_Yogyakarta yang temanya aneka olahan susu, resep kedua bikin semur jengkol yang ngabisin banget nasi, semurnya nggak pake santan ya tapi pake susu cair UHT sama kental manis ternyata endull gaesss nggak kalah sama yang pake santan, penasaran yuk kepoin r Selamat sore, semur jengki numpang lewat dulu yesss 😆. Semur Jengkol ini cocok disandingkan dengan berbagai macam lauk lainnya. Tapi sebenarnya makan nasi pake semur jengkol doang mah saya tetep sukaaak wkwk. You can have Semur jengkol pedas ngabisin nasi using 16 ingredients and 7 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Semur jengkol pedas ngabisin nasi

  1. It's 3 butir of jengkol besar.
  2. You need 3 of cabe merah keriting.
  3. Prepare 6 of cabe oren.
  4. Prepare 9 of cabe rawit hijau.
  5. Prepare 1/2 of tomat.
  6. You need 1 of kemiri.
  7. It's 1 cm of jahe.
  8. Prepare 1/2 cm of kunyit.
  9. You need 1 sendok of kacang tanah matang.
  10. You need 2 sisir of gula merah.
  11. You need 1 sdm of mecin Ajinomoto.
  12. It's 1/2 sdm of garam.
  13. It's 1/4 sdm of gula pasir.
  14. Prepare 2 lembar of daun salam.
  15. It's 1 lembar of daun jeruk.
  16. Prepare 3 sdm of kecap manis.

Aduhhh ngileeerrrr dahh jengkolll😋 SEMUR JENGKOL PEDAS by Susie Agung. Yuk, simak cara membuat semur jengkol yang Manis Gurih Rasa Pedas Asam. Resep 'semur jengkol pedas' paling teruji. Tak ayal ini berasal dari sejarah menyebutkan bahwa hampir di setiap pekarangan rumah orang Betawi ditemukan pohon jengkol.

Semur jengkol pedas ngabisin nasi step by step

  1. Rendam jengkol agar kulitnya terkelupas.
  2. Rebus jengkol sampai empuk (bisa di tambahkan mangga muda atau asam agar baunya tidak nyengat dan cepat empuk menurut saya).
  3. Sambil nunggu jengkol matang blender semua bahan kecuali daun jeruk daun salam mecin garam gula merah pasir..
  4. Jika blender pakai air. Panaskan wajan jangan di kasih minyak. Masukan bumbu halus daun salam dan jeruk sampai kering kemudian baru tambahkan minyak dan tumis sampai harum.
  5. Masukan jengkol yang sudah empuk dan di pipihkan (3 butir menjadi 6 keping) masak beberapa saat.
  6. Masukan 1 gelas air belimbing dan kecap manis serta gula merah kemudian tunggu sampai jengkol lebih empuk dan air menyusut..
  7. Setelah empuk masukan mecin garam dan gula tunggu sebentar kemudian koreksi rasa.

Semur jengkol untuk mendampingi sepiring nasi hangat Semur jengkol identik sebagai panganan khas Betawi. Tak ayal ini berasal dari sejarah menyebutkan bahwa hampir di setiap pekarangan rumah orang Betawi ditemukan pohon jengkol. Sedangkan olahan semur saat itu telah menjadi masakan sederhana rumahan yang sering disajikan di meja makan. Nikmati semur jengkol pedas dengan nasi putih dan lalaban sesuai selera. Tambah nikmat bila semur jengkol yang bunda buat ditaburi bawang merah goreng yang banyak di atasnya.

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url