Easiest Way to Make Perfect Semur Jengkol Pedas Manis ala Mama Muda

Semur Jengkol Pedas Manis ala Mama Muda. Ala Mama MudaMantul selerah pakne raditya vs mak amy raditya bejoss. KENTANG KRES KILAT ala LC (tanpa rebus, tanpa dibekukan). Semur Jengkol Pedas, satu yang biasanya jarang dilewatkan saat menikmati sarapan ataupun makan siang dan malam dengan tema Indonesia.

Semur Jengkol Pedas Manis ala Mama Muda Resep membuat masakan jengkol bumbu merah dan semur jengkol pedas, lengkap dengan cara menghilangkan bau menyengat pada jengkol. semur jengkol pedas dan jengkol bumbu merah. Semur jengkol legit, kaya rempah dan super duper sedap ini harus anda coba! ^_^ Jengkol (Archidendron pauciflorum) atau biasa dikenal juga dengan nama jering merupakan spesies Jika warna semur kurang gelap tambahkan porsi kecap manis dan sesuaikan rasa asinnya dengan. Mangga muda itu kan rasanya asem, nah, kalau dibikin jadi manisan rasanya jadi manis. You can have Semur Jengkol Pedas Manis ala Mama Muda using 17 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Semur Jengkol Pedas Manis ala Mama Muda

  1. Prepare 500 gram of jengkol,cuci bersih.
  2. You need 10 buah of cabe merah,haluskan.
  3. Prepare 10 buah of cabe rawit Utuh.
  4. You need 4 siung of bawang merah,haluskan.
  5. It's 2 siung of bawang putih,haluskan.
  6. You need 3 siung of bawang merah,iris tipis.
  7. Prepare 3 buah of kemiri,haluskan (opsional).
  8. You need 1 batang of serai,memarkan.
  9. You need 3 lembar of daun salam.
  10. You need Secukupnya of lengkuas,memarkan.
  11. You need 5 sdm of kecap manis (saya pake bango).
  12. It's 1 sdm of merica bubuk.
  13. Prepare 1 sdm of ketumbar bubuk (opsiaonal).
  14. You need 6 sdm of minyak untuk menumis.
  15. You need 400 ml of air.
  16. You need Secukupnya of garam.
  17. Prepare Secukupnya of penyedap rasa.

Selain itu, manisan bisa awet karena menggunakan gula yang jumlahnya cukup banyak. Gula berfungsi sebagai pengawet agar manisan dapat disimpan lebih lama. Pilih jengkol yang benar-benar tua dan berkualitas bagus, karena jika masih muda jengkol akan terasa sedikit pahit dan tidak pulen. Sering kali Mama menanyakan bolehkah ibu hamil mengonsumsi jengkol?

Semur Jengkol Pedas Manis ala Mama Muda step by step

  1. Bersihkan jengkol kupas kulitnya,rebus lalu digeprek.
  2. Sementara menunggu jengkol direbus,siapkan semua bahan-bahan yang diperlukan.
  3. Jengkol sudah digeprek,panaskan minyak,lalu tumis bawang merah sampai beraroma wangi dan warna mulai kecoklatan,masukan semua bumbu yang sudah dihaluskan beserta cabe rawit,serai,lengkuas dan daun salam.
  4. Masukan air yang sudah disiapkan,lalu masukan kecap manis beserta jengkol aduk-aduk sampai merata,biarkan beberapa menit hingga air mulai menyusut,koreksi rasa.
  5. Semur jengkol pedas manis ala mama muda siap untuk dihidangkan,selamat mencoba.

Tak hanya itu, jengkol juga dapat dikreasikan menjadi beberapa menu makanan yang lezat untuk disantap, misalnya seperti semur jengkol, sambal jengkol, hingga diolah menjadi gulai yang nikmat. Semur jengkol empuk siap untuk dihidangkan Untuk membuat masakan ini pilihlah jengkol yang sudah tua karena akan menghasilkan tekstur yang sangat empuk. Itulah sekilas informasi tentag Cara Membuat Semur Jengkol Pedas, semoga bermanfaat. Jengkol memang begitu menggoda bagi para penggemarnya. Bahkan mereka mengolahnya dalam berbagai jenis masakan yang cukup menggiurkan, seperti rendang, semur, atau dicampur bersama cabai rawit dan rempah menjadi sajian jengkol balado bercita rasa pedas dan masih banyak lainnya.

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url