Easiest Way to Make Appetizing Semur kecap jengkol pedas

Semur kecap jengkol pedas. Semur Jengkol Pedas, satu yang biasanya jarang dilewatkan saat menikmati sarapan ataupun makan siang dan malam dengan tema Indonesia. Pastinya kurang rasanya bila di rumah juga sepi akan kehadirannya. Itulah sebabnya kamu perlu tahu cara membuat semur jengkol yang enak!

Semur kecap jengkol pedas Beri air secukupnya,lalu masukan kecap manis dan aduk rata,tgu hingga bumbu mengental. Semur Jengkol Pedas Kering ini jenis resep semur yang dibiarkan lama di panci masak hingga mengering kuahnya dan jadi coklat sempurna warna jengkolnya. Juga pas bagi yang vegetarian atau sedang menhin. You can cook Semur kecap jengkol pedas using 14 ingredients and 3 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Semur kecap jengkol pedas

  1. You need 1/2 kg of jengkol tua (belah dua).
  2. It's of Bumbu halus:.
  3. It's 12 of bawang merah.
  4. You need 5 of bawang putih.
  5. Prepare 1 sdm of merica butir.
  6. You need 1 ruas of jahe.
  7. Prepare 3 of kemiri.
  8. Prepare 10 of cabe merah kriting.
  9. Prepare of Bumbu pelengkap:.
  10. You need 1 of lengkuas (geprek).
  11. You need 3 of daun salam.
  12. You need 1 of kayu manis.
  13. It's Sedikit of pala.
  14. You need of Sesuaikan garam, sasa, gula & kecap manis.

Resep semur jengkol - Jengkol merupakan salah satu bahan masakan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan menu masakan jengkol ini memang sangat khas dan rasanya juga sangat nikmat meskipun baunya agak kurang sedap, misalnya seperti semur jengkol. Olahan favorit jengkol yaitu semur jengkol. Bagi para pecinta jengkol, semur jengkol tentunya sangat nikmat jika disajikan dengan nasi putih hangat.

Semur kecap jengkol pedas instructions

  1. Cuci bersih jengkol & buang kulitnya, kemudian goreng jengkol dengan api sedang(biar jengkol tidak cpt gosong & matang sempurna) Masak sampai matang sempurna... Kemudian geprek perlahan..
  2. Tumis semua bumbu halus, daun salam, & lengkuas masak sampai harum dan matang, kemudian tambahkan semua bumbu pelengkap dan tambahkan sedikit air, masak sampai air surut/kental...kemudian masukan jengkol dan tambahkan lagi sedikit air lalu masak kembali sampai mengental dan tes rasa..
  3. Angkat lalu sajikan jengkol semur dengan nasi hangat... Selamat mencoba & semoga sucses sllu....

Teksturnya yang empuk dengan aromanya yang khas tentu menjadi menu favorit bagi sebagian orang yang menyukai jengkol. Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang biasanya dijadikan lauk pendamping nasi uduk. Pada resep ini, jengkol diolah hingga lembut. Panaskan sedikit minyak di dalam wajan. Masukkan bumbu halus, tumis bersama irisan bawang merah, lengkuas.

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url