Easiest Way to Cook Yummy Semur Jengkol Pedas

Semur Jengkol Pedas. Semur Jengkol Pedas, satu yang biasanya jarang dilewatkan saat menikmati sarapan ataupun makan siang dan malam dengan tema Indonesia. Resep semur jengkol - Jengkol merupakan salah satu bahan masakan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan menu masakan jengkol ini memang sangat khas.

Semur Jengkol Pedas Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang biasanya dijadikan lauk pendamping nasi uduk. Pada resep makanan bercita rasa pedas manis ini, jengkol diolah hingga lembut. Cara memasak jengkol yang enak salah satunya adalah dengan cara disemur. You can cook Semur Jengkol Pedas using 22 ingredients and 7 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Semur Jengkol Pedas

  1. You need 400 gram of Jengkol tua.
  2. You need of Daun salam + Daun jeruk.
  3. You need 1 sdm of Garam.
  4. You need 1 L of Air (untuk merebus jengkol).
  5. You need of Bumbu Halus:.
  6. You need 3 butir of Bawang Merah.
  7. You need 5 siung of Bawang Putih.
  8. You need 3 buah of Cabe merah keriting.
  9. It's 1 cm of Kunyit.
  10. It's 1,5 cm of Jahe.
  11. Prepare 1 butir of Kemiri.
  12. Prepare 1/2 sdt of Merica butiran.
  13. You need 1/2 sdt of Ketumbar butiran.
  14. Prepare of Bahan lain:.
  15. Prepare 3 butir of Bawang merah (iris tipis, goreng).
  16. Prepare 3 buah of Cabe hijau besar (iris tipis).
  17. It's 3 cm of Lengkuas (geprek).
  18. Prepare 1 lembar of Daun Salam.
  19. It's 1 Lembar of Daun Jeruk.
  20. You need 1 sdm of Gula merah.
  21. You need 5 sdm of Kecap manis.
  22. You need Secukupnya of Garam, Gula pasir, air.

Semur jengkol tidak hanya populer di Tanah Sunda atau Betawi dengan ciri khas. Semur jengkol adalah makanan khas Betawi,Jakarta. Semur jengkol ini adalah makanan yang benar benar popular di kawasan kota Jakarta sehingga telah menyebar ke wilayah Indonesia. Umumnya, jengkol diolah dengan cara disemur.

Semur Jengkol Pedas instructions

  1. Rebus jengkol beserta daun salam & daun jeruk dengan 1 L air + garam hingga empuk..
  2. Jika jengkol sudah matang dan empuk, angkat. Buang kulit jengkolnya, cuci bersih, lalu geprek bagian pinggiran jengkol agar nanti saat dimasak bumbu bisa meresap dengan optimal..
  3. Haluskan semua bumbu halus..
  4. Masukkan minyak goreng secukupnya. Cemplungkan lengkuas geprek dan bumbu halus. Aduk-aduķ hingga bumbu wangi dan matang lalu tambahkan daun salam & daun jeruk..
  5. Masukkan jengkol yang sudah digeprek. Aduk rata dengan bumbu. Lalu tambahkan air secukupnya (saya tambahkan banyak air karna keluarga suka semur jengkol yang berkuah).
  6. Aduk sesekali dan tunggu hingga air agak menyusut..
  7. Saat air mulai menyusut, tambahkan garam, gula merah, gula pasir, dan kecap manis. Aduk rata.. Cicip rasanya jikalau sudah pas, boleh langsung tambahkan irisan cabe hijau dan bawang merah goreng. Aduk-aduk sebentar. Lalu angkat, dan sajikan..

Selain semur, jengkol juga bisa dimasak dengan Salah satunya adalah rendang jengkol. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas dari bumbu. Tambahan cabe bikin rasanya gurih pedas dan selalu bikin nambah saat dikunyah. Ini resepnya! #ResepSemurJengkol via @detikfood https. Semur pedas jengkol sesuai pesanan anda, rasanya empuk n bumbunya sangat meresap siap menemani makan anda.

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url